Laman

Rabu, 22 Juni 2016

Gresik is My Beloved Town


Mungkin sudah banyak orang yang mengetahui kabupaten Gresik tetapi adapula beberapa orang yang belum mengetahui tentang kabupaten Gresik. Sehingga saya akan mendeskripsikan tentang kabupaten Gresik, tentang budaya kabupaten Gresik dan juga tentang makanan khas kabupaten Gresik. Gresik merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Timur. Letak Kabupaten Gresik sendiri berada di sebelah barat kota Surabaya, di sebelah timur kabupaten Lamongan dan disebelah utara kabupaten Sidoarjo. Gresik dikenal banyak orang sebagai kota industri, karena banyak sekali perusahaan berdiri di kabupaten Gresik. Beberapa perusahaan yang terkenal di Gresik yaitu PT. Semen Gresik, PT. Petrokimia Gresik. Banyak sekali orang luar kota bahkan luar pulau pergi ke kabupaten Gresik untuk mencari pekerjaan. Bukan hanya sebagai kota industri, Gresik juga dikenal dengan kotanya para ulama’. Bahkan makam-makam Wali Allah ada beberapa yang berada di kabupaten Gresik. Diantaranya yaitu Makam Syeh Maulana Malik Ibrahim dan Makam Sunan Giri. Gresik juga salah satu kota penghasil garam. Banyak sekali warga Gresik yang berprofesi sebagai petani garam. Di kabupaten Gresik juga banyak tempat pariwisata, seperti laut, bukit, hutan mangrove, dll. Bukan hanya hal tersebut tetapi ada juga hal lain seperti berikut :
1.  Budaya Gresik
Gresik juga termasuk salah satu kota yang mempunyai banyak budaya, antara lain :


1.      Malem Selawe

Malem selawe yaitu terdiri dari 2 kata yang memiliki makna masing-masing yaitu malem yang berarti malam dan selawe yang berarti dua puluh lima. Jadi malem selawe adalah malam yang besoknya adalah hari ke-25 puasa pada bulan Ramadhan. Pada malam tersebut banyak sekali peziarah yang berziarah ke makam Sunan Giri. Seperti yang terlihat pada gambar diatas. Bukan hanya orang dewasa, anak-anak pun banyak yang datang ke makam Wali Allah tersebut. Banyak orang yang dari luar kota bahkan luar pulau yang datang ke makam Sunan Giri. Mereka berbaur menjadi satu, sehingga pada malam tersebut di makam Sunan Giri seperti lautan peziarah. Mereka biasa berdoa, berdzikir, berikhtiar dan mengaji dengan berharap mendapatkan barakah dari Wali Allah. Kegiatan tersebut tidak diketahui sejak kapan awal mulanya tetapi sudah diturunkan secara turun temurun dan banyak cerita mulut ke mulut dari masyarakat sekitar.

2. Pasar Bandeng


Orang di daerah Gresik yang berada di pesisir pantai mempunyai keberuntungan yang luar biasa. Karena bisa mempunyai mata pencaharian yang bisa menguntungkan. Salah satunya yaitu budidaya ikan bandeng. Banyak sekali tambak bandeng di daerah Gresik utara. Sehingga ada sebuah tradisi yang turun temurun dengan menggunakan ikan bandeng tersebut. Tradisi pasar bandeng di daerah Gresik biasa dilakukan pada malam terakhir bulan Ramadhan. Biasanya 2 hari sebelum lebaran. Tradisi tersebut dilakukan sebagai rasa syukur kepada Allah S.W.T dan juga sebagai peringatan untuk menyambut hari raya idul fitri. Meskipun disebut pasar bandeng tetapi banyak orang berjualan aneka pernak-pernik lebaran, seperti baju, sandal, dll. Jadi bukan hanya bandeng saja yang dijual disana. Biasanya banyak orang yang datang untuk memeriahkan tradisi tersebut, mereka juga biasa membeli bandeng-bandeng tersebut. Di pasar tersebut juga ada pelelangan bandeng. Sehingga membuat tradisi ini semakin meriah. Seperti yang tampak pada gambar diatas.

2.     Makanan Khas
Gresik juga memiliki berbagai makanan-makan yang khas. Seperti halnya daerah lain yang memiliki makanan khas sebagai makanan tradisional dari daerah tersebut. Diantaranya yaitu :

1.      Pudak

Jika kalian ke Gresik tanpa membeli ataupun mencicipi makanan khas Gresik ini rasanya belum afdol. Salah satu makanan khas Gresik ini sudah banyak dikenal orang, selain rasanya yang manis bentuknya juga sangat unik. Pudak sendiri terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan gula pasir dan santan. Sedangkan bungkusnya terbuat dari pelepah daun yang biasa orang sana menyebutnya sebagai “ope” yaitu pelepah daun pinang.

2.      Otak-Otak Bandeng

Seperti yang saya sebutkan diatas, bahwa di Gresik banyak sekali orang yang membudidaya ikan bandeng sehingga tidak salah jika ada makanan khas juga yang terbuat dari bandeng di Gresik, yaitu otak-otak bandeng. Otak-otak bandeng berbeda dengan otak-otak yang biasa kita dengar. Otak-otak bandeng menggunakan bahan utama ikan bandeng danbiasa dibuat seperti pepes ikan yang menggunakan daun pisang sebagai pembungkusnya. Dan rasanya juga sangat lezat, mengalahkan rasa pepes ikan yang lainnya. Jadi tidak ada salahnya jika ke Gresik mencoba otak-otak bandeng. Dijamin nggak bakalan menyesal.

3.     Nasi Krawu

Nasi adalah salah satu makanan pokok orang Indonesia. Di berbagai daerah di Indonesia mempunyai makanan-makanan khas yang bahan utamanya merupakan beras. Seperti halnya di Gresik, yang bernama nasi krawu. Nasi krawu adalah makanan tradisional dari Gresik yang sajiannya berupa nasi dan menu pelengkap lain seperti daging suwir, sambal serta serundeng. Makanan ini biasa disajikan diatas daun kelapa dengan cara di pincuk. Nasi krawu sendiri berasal dari kata “krawuk” yang artinya mengambil menggunakan tangan. Karena biasanya para pedagangnya mengambil nasi dan lauk-pauknya tersebut menggunakan tangan, sehingga disebutlah nasi krawu. Untuk soal rasa, dijamin bisa memanjakan lidah dan akan membuat ketagihan.
3. Ciri Khas Kota Gresik
Gresik juga memiliki ciri khas tersendiri. Seperti yang saya sebutkan diatas bahwa Gresik adalah kota industri. Namun disisi lain Gresik juga dikenal sebagai kota santri. Selain itu dari bahasa orang Gresik juga memiliki ciri khas tersendiri. Sebagai contoh dalam bahasa indonesia jauh, jika dibahasa jawakan adalah “adoh“, sedangkan dalam bahasa indonesia sangat jauh, jika di gresik akan menjadi “uuuaaaadddooohh“. Sehingga banyak orang luar daerah yang menyebutkan bahasa tersebut adalah bahasa jawa alay. Tapi memang seperti itulah bahasa di gresik. Jika pada kalimat awal ada makna sangat maka orang gresik akan menyebutnya dengan memanjangkan kalimat tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar