Laman

Rabu, 22 Juni 2016

Perkembangan atau Kemajuan Teknologi

http://hpworks.org.uk/

Pada era globalisasi saat ini Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) sudah berkembang sangat pesat. Kemajuan IPTEK pada saat ini juga bisa kita rasakan. Seperti halnya di Indonesia. Kita bisa merasakan betapa berbedanya dulu dengan sekarang sejak teknologi semakin maju. Sebagai contoh, saat ini anak-anak kecil sudah mengerti bagaimana cara menggunakan handphone sedangkan pada era 90 an anak-anak kecil tidak mengenal apa itu yang namanya handphone. Di era saat ini bisa kita lihat bahwa banyak orang tua yang masih gaptek (gagap teknologi) sedangkan anaknya sudah sangat canggih dalam menggunakan teknologi. Kemajuan teknologi saat ini bisa sangat mempengaruhi sifat pribadi manusia dan juga negara kita. Kita bisa melihat pada
negara-negara maju bahwa mereka mempunyai teknologi yang sudah canggih. Tetapi saat ini Indonesia juga sudah banyak mempunyai penghargaan dibidang teknologi, sehingga teknologi kita tidak kalah dengan teknologi di negara maju.
Sehingga bisa dibilang kita di jaman ini sangat membutuhkan yang namanya teknologi. Agar kita tidak sampai dijajah oleh negara-negara yang sudah maju dengan kemajuan teknologi mereka. Kita juga harus bisa membuktikan bahwa kita juga bisa maju seperti mereka. Dengan berkembangnya teknologi pada masa sekarang ini banyak orang yang tidak bertanggung jawab telah menyalah gunakan teknologi tersebut. Namun disisi lain dengan kemajuan teknologi saat ini kita bisa dengan cepat mengetahui informasi-informasi dari daerah lain bahkan negara lain. Setiap kejadian apapun didunia ini pasti ada sisi positif dan sisi negatif. Seperti halnya kemajuan IPTEK saat ini ada dampak positif dan negatif juga. Seperti hal berikut :
Dampak positif dari kemajuan teknologi :
  1. Kita bisa dengan mudah dan cepat untuk mengetahui suatu informasi,
  2. Kita bisa dengan mudah untuk mengakses apapun yang kita inginkan,
  3. Bisa terhubung keseluruh dunia,
  4. Kita bisa berhubungan dengan orang-orang di seluruh dunia,
  5. Dan lain sebagainya.
Dampak negatif dari kemajun teknologi :
  1. Banyak orang yang tidak bertanggung jawab yang menyalah gunakan,
  2. Jika kita tidak bisa menyaring kemajuan teknologi dengan baik, kita bisa terpengaruh dengan hal-hal yang tidak baik,
  3. Kita bisa melupakan dunia nyata kita seperti halnya pada social media,
  4. Dan lain sebagainya.

Jadi kita sebagai warga negara Indonesia harus cerdas dalam menggunakan teknologi, agar kita tidak sampai dikalahkan oleh teknologi yang semakin modern ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar